Walau Kalah Penalti, Thailand Terkesima dengan Suporter Indonesia

marsingar.com, SURABAYA – Gairah supporter Indonesia dalam babak final Piala AFF-U16 membuat Tim nasional Thailand terkesima. Bahkan juga, Team Gajah Putih itu tidak enggan melemparkan pujian meskin kalah beradu penalti 3-4 (1-1) di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu 11 Agustus 2018.

Pelatih Thailand U-16, Thongchai Rungreangleas menyampaikan supporter Indonesia begitu mengagumkan dalam memberi support. Akan tetapi, Thailand juga merasa nyaman walau dalam kepungan suara bising 25 ribu penonton yang mamadati stadion.

“Supporter begitu bagus, begitu berteman. Tidak ada hal-hal yang menganggu di lapangan walau laga berjalan ketat. Laga final ini dapat memberi pelajaran buat pemain muda menangani desakan supporter demikian banyak, ” tutur Thongchai selesai laga.

Disadari Thongchai, pada babak pertama beberapa pemain sudah sempat tertekan. Bukan sekedar Indonesia tampil agresif, tetapi juga karena desakan penonton. Akan tetapi di babak ke-2, Thailand mulai berkembang serta nikmati suasana laga.

“Indonesia bermain lumayan bagus di laga ini. Kami akui pemain sempat tertekan dengan atmosfer pertandingan. Babak pertama kami kurang efisien. Di babak ke-2, kami tampil lebih efisien sesudah lakukan perubahan pemain serta strategi, ” katanya.

Dalam pertandingan ini, Indonesia sudah sempat unggul terlebih dulu tendangan Fajar Faturrahman pada babak pertama. Akan tetapi di babak ke-2, Thailand sempat menyamai kedudukan serta memaksa pertandingan ditentukan melalui adu penalti.

Selesai kalah dalam beradu penalti, pemain Thailand walau bersedih akan tetapi turut larut dalam situasi juara tuan-rumah. Mereka juga berkeliling-keliling mengelilingi stadion menyapa para supporter Indonesia. Demikian sebaliknya, pendukung Merah Putih membalasnya dengan tepukan meriah.