Salat Iduladha hari ini digelar di kawasan Stadion Manahan Solo

marsingar.com, SOLO – Beberapa ribu masyarakat Solo serta sekitarnya melakukan salat Iduladha hari ini, Selasa, 21 Agustus 2018. Salah satunya lokasi penyelenggaraan salat Iduladha hari ini diselenggarakan di area Stadion Manahan Solo.

Gema takbir menemani kehadiran jemaah semenjak selesai waktu subuh. Beberapa jemaah hadir berombongan memakai bus yang mereka sewa.

Jemaah langsung tempati ruang lapangan parkir Stadion Manahan. Karena sangat padatnya, beberapa jemaah mesti salat diatas tanah. Beberapa yang lain menempati halaman luar stadion.

Salat diawali seputar jam 06.30 WIB. Menjadi imam sekaligus juga khatib adalah Abdurrauf dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dalam ceramah bertopik ‘Pelajaran Hidup dari Generasi Ibrahim’, Abdurrauf menceritakan teladan Nabi Ibrahim sebagai awal mula pelaksanaan ibadah kurban. Ada tiga point terpenting yang ia terangkan.

“Pertama adalah mengenai ketaatan pada Allah,” tuturnya selesai salat Iduladha. Ke-2 mengenai kesabaran Nabi Ibrahim melawan ujian Allah. Ke-3 adalah mengenai pengorbanan Nabi Ibrahim.

Salat Iduladha juga dibarengi oleh jemaah Majelis Tafsir Al-Quran (MTA). Pimpinan Pusat MTA, Ahmad Sukina menuturkan alasan pemilihan salat Iduladha hari ini.

Menurut dia, hari raya dipastikan berdasar pada pelaksanaan wukuf di Arafah. “Disini dengan Arab Saudi cuma berlainan jam serta masih juga dalam sehari. Karena itu (Salat Iduladha) ditunaikan hari ini,” tuturnya.