Mandala Shoji akan dicoret dari Caleg PAN dan Dilimpahkan ke KPU RI

marsingar.com, JAKARTA – KPU DKI Jakarta mengatakan pencoretan Mandala Abadi dari caleg akan dilakukan KPU RI. Mandala Abadi alais Mandala Shoji akan dicoret karena divonis bersalah dalam masalah pidana kampanye pemilu.

“Salinan itu kami lanjutkan pada KPU RI, supaya dilakukan tindakan, sebab yang berkaitan calon legislatif DPR RI,” kata Ketua KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos pada wartawan waktu di konfirmasi, Senin, 4 Februari 2019.

Menurut Betty, fakta pencoretan mesti dilakukan KPU RI sebab Mandala Shoji terdaftar menjadi calon legislatif DPR RI. Akan tetapi pihaknya telah memperoleh salinan putusan hukum tetap (inkrah) berkaitan masalah Mandala Shoji.

“Bila ada peristiwa semacam itu, sebab dalam PKPU Nomer 20, lalu mengacu pada ketetapan UU Nomer 7 Tahun 2017 mengenai Pemilu, kami telah lakukan beberapa langkah seperti yang telah dikerjakan oleh KPU RI,” jelas Betty.

Sebelum dilanjutkan ke KPU RI, lanjut ia, KPU DKI sudah mengklarifikasi terlebih dulu pada pengadilan serta parpol yang menaungi Mandala Shoji. Mandala sendiri akan dilakukan atas dasar vonisn masalah pelanggaran pidana pemilu di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat.

Jaksa pada Sentral Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) masih mencari keberadaan calon anggota legislatif DPR RI dari PAN Mandala Abadi. Ia divonis tiga bulan penjara karena bagi-bagi kupon umrah waktu kampanye.

“Selama ini masih dalam penelusuran sebab sampai sekarang ini belumlah didapati keberadaannya,” kata Ketua Bawaslu Kota Jakarta Pusat, M Halman Muhdar.

Halman mengakui pihaknya belum tahu apa akan menetapkan Mandala dalam daftar pencarian orang (DPO) ataukah tidak. Ia menyerahkanya pada Jaksa sebagai pihak yang dikasih kewenangan untuk menyelesaikan putusan pengadilan.