Kerja Kerja Kerja Saja Tak Cukup, Harus Ada Gagasan Kata Anis Baswedan

marsingar.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan Indonesia dibuat oleh satu gagasan, hingga tidak cukup hanya cuma bekerja saja.

“Kita dalam bekerja kurang cuma kerja, kerja, kerja saja, kurang. Mesti ada ide dahulu, dari ide lantas ada kata-kata, mesti ada cerita,” kata Anies di depan Perkumpulan Ahli serta Dosen RI (ADRI) di Balaikota, Jakarta Pusat, Senin (27/8/2018).

Dia megatakan, beberapa pendiri bangsa membangun Indonesia dengan satu gagasan. Seperti Pancasila yang dipakai menjadi dasar negara.

“Di Gedung Joeang beberapa pendiri berdiskusi mengulas Piagam Jakarta cikal bakal Pancasila. Itu semua ada akumulasi konsep serta gagasan,” kata Anies.

Karena hal tersebut, dia menilainya kondisi Indonesia yang dengan semua jenis keanekaragaman masih tetap bisa dikondisikan dibanding di kawasan Timur Tengah. Karena Anies beralasan gagasan itu telah dibuat dari sejak dahulu.

Tidak cuma itu, Anies Baswedan juga menyebutkan dalam Sumpah Pemuda 1928, pendiri bangsa juga menggagaskan bahasa pemersatu bangsa.

“Pikirkan jika diambil bahasa daerah luar Jawa, terus Jong Java pulang akan di tanya, mengapa kamu membiarkan bahasa orang seberang diambil?” papar Anies Baswedan.