Jonatan Christie Sumbang Emas untuk Indonesia di Asian Games 2018

Jonatan Christie sukses mencatat sejarah. Dia sukses mencapai medali emas bidang tunggal putra cabang olah-raga bulu tangkis nomer perseorangan Asian Game 2018. Ini adalah emas Asian Games pertama Indonesia dari tunggal putra sesudah terakhir Taufik Hidayat mencapainya pada edisi 2006.

Emas itu direngkuh Jonatan sesudah sukses menaklukkan Chou Tien Chen asal Taiwan dalam pertarungan seru tiga game pada partai final yang berjalan di Istana olahraga GBK, Selasa (28/8/2018) siang WIB. Emas Asian Games pertama dalam karir Jonatan.

Laga langsung berjalan ketat semenjak awal game pertama. Itu dapat dibuktikan dari score 5-5 yang terpampang. Kemudian Jonatan memang mampu unggul, tetapi Chen sukses membuat score tetap ketat. Mujur, waktu jeda, Indonesia sukses unggul 11-8.

Kemudian, tunggal putra Indonesia berperingkat 15 dunia itu memang dapat menjaga kelebihannya. Akan tetapi, kesalahan-kesalahan yang dikerjakan oleh Jonatan membuat Cen sukses menyamai score menjadi 14-14. Score ketat lalu kembali menghiasi jalannya pertandingan.

Saat score 16-16, Jonatan sukses bangkit serta kembali unggul. Pebulutangkis berumur 20 tahun itu juga sukses memenangkan game pertama dengan score 21-18, sekaligus juga memperpanjang harapan melanjutkan trend tidak pernah kalah dari Chen.

Kondisi ketat mewarnai awal game pertama, tapi Chen sukses memegang keunggulan atas Jonatan. Bahkan juga, pebulutangkis asal Taiwan itu unggul jauh 7-3, serta pimpin dengan score 11-8 di jeda game ke-2.

Setelah jeda, pebulutangkis rangking enam dunia itu selalu memegang keunggulan atas Jonatan. Akan tetapi, waktu pencapaian point Chen telah 20, Jonatan sukses menyamai score serta membuat game ke-2 jus. Sayangnya, momen itu tidak berhasil digunakan karena Chen dapat memenangkan game ke-2 dengan score 22-20.

Score ketat masih tetap menghiasi awal-awal game ke-3, ke-2 tunggal ini sama-sama susul-menyusul. Tetapi, saat score imbang 4-4, Jonatan dapat ambil momen untuk unggul serta bahkan juga memimpin dengan score 11-7 waktu jeda.

Kemudian, tunggal Indonesia selalu memegang kendali permainan serta dapat menjaga kelebihannya. Chen yang tampak sudah kecapekan juga kerepotan melayani permainan Jontanan. Selanjutnya, Jonatan dapat memenangkan game ke-3 dengan score 21-15 serta melanjutkan kedigdayaannya atas Chen.